//STYLE CODE WILL COME HERE - SEE STEP #4

Program Python Pemilihan

Konstruksi pemilihan merupakan konstruksi program yang dapat  memungkinkan sebagian blok perintah hanya akan dapat dikerjakan berdasarkan suatu kondisi pada baris perintah sebelumnya, dan atau sebagian blok perintah lainnya dapat dikerjakan berdasarkan  kondisi lainnya lagi.
Salah satu konstruksi pemilihan dalam Python dikenal dengan konstruksi if atau if else.
Bentuk umum:
if   kondisil:
blok perintah  berdasar  kondisil   benar
[else:
blok perintah berdasar  kondisil   salah   ]
Perhatikan cara menuliskan blok perintah yang harus dieksekusi. Blok perintah harus diindent untuk menunjukkan bagian dari if apabila kondisi benar, dan blok perintah setelah else menunjukkan jika kondisil salah
Script ganjilgenap.py menggunakan konstruksi if, yang digunakan untuk dapat menampilkan suatu pesan apakah bilangan yang dimasukkan dari keyboard, ganjil atau genap. Pada script ini ditunjukkan blok perintah setelah if dikerjakan apabila kondisi pembagian sisa dengan 2 hasilnya adalah nol berarti benar,apabila salah maka blok setelah else yang akan dikerjakan.
Pengulangan
Konstruksi pengulanganmerupakan sebuah konstruksi program yang dapat digunakan agar perintah-perintah yang ada dapat diulang-ulang pengerjaannya sesuai dengan kriteria yang didefinisikan. Salah satu konstruksi pengulangan dalam Python adalah for.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

| Top ↑ |